Salam Rekan,
Ruang kerja adalah tempat yang sangat penting dimana pemikiran dan inovasi rekan
terjadi dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari, khususnya untuk pekerjaan
kantoran, rekan akan menuangkan dan menjabarkan semua ide yang dimiliki dan
mengaplikasikannya kedalam pekerjaan rekan.
Untuk Pekerja Kantoran yang memiliki ruang kerja pribadi atau paling tidak
meja kerja pribadi yang dibatasi cubical/sekat, adalah faktor yang penting
untuk memastikan ruang kerja rekan senyaman mungkin agar kinerja rekan dapat
lebih maksimal.
Berikut adalah beberapa perubahan yang dapat rekan lakukan:
Perhatikan Posisi Duduk
Posisi
duduk sangat berpengaruh kepada kenyamanan rekan daam bekerja, karen hampir
seluruh waktu kerja rekan akan dihabiskan dengan duduk didepan meja kerja, akan
sangat tidak efektif apabila posisi duduk rekan tidak nyaman dan menimbulkan
rasa pegal sehingga kinerja rekan menjadi tidak maksimal.
Memilih kursi yang baik diperlukan agar terhindar
dari kelelahan dan cedera ringan akibat dari terlalu sering duduk dengan posisi
tidak nyaman, kursi dengan bantalan yang empuk akan lebih baik daripada dengan
bantalan yang keras, usahakan kursi rekan memiiki sandaran lengan di kedua
sisinya guna meng-istirahatkan lengan rekan dari keletihan karena terlalu lama
mengetik,atur ketinggian kursi rekan dengan meja rekan dan usahakan jangan
mengatur kursi terlalu tinggi atau rekan akan menderita nyeri pinggang.
Selain itu apabila kursi rekan dapat diatur
sandarannya, akan labih baik lagi, usahakan jangan terlalu sering mengatur dalam
posisi yang tegak lurus dalam waktu yang lama, karena akan membuat tegang otot bahu
dan pinggang, sekali-kali aturlah dalam posisi sandaran lepas untuk sedikit
merasa rileks dan santai. Kursi dngan roda dan dapat diputar posisinya juga
akan lebih baik daripada kursi biasa, karena posisi duduk yang terlalu lama tidak
berubah akan membuat rekan merasa cepat bosan sehingga dapat menurunkan
produktivitas rekan.
Manajemen Berkas
Dalam mengatur berkas kerja kantor, diperlukan
sedikit kemampuan manajerial, terutama untuk mengklasifikasi jenis berkas
kerja. Usahakan agar mengklasifiksikan berkas rekan menurut jenisnya. Contoh :
posisikan semua kerjaan yang sifatnya outstanding dalam suatu folder
tersendiri, pisahkan perjenis proyek atau perjenis pekerjaanya dengan
menggunakan suatu map, jangan sampai tercampur berkas dari suatu proyek dengan
proyek lainnya walaupun Cuma selembar kertas saja. Karena sekalinya terpisah
ataupun acak-acakan rekan mungkin akan kehilangan kontrol atas berkas tersebut
suatu saat rekan membutuhkannya.
Untuk berkas yang sedang “dalam proses” ada
baiknya rekan memiliki seperti kontainer sendiri ataupun laci sendiri pada meja
kerja rekan untuk menaruh “berkas dalam proses" tersebut, ketika rekan pulang
kantor masukkan semua map berisi berkas dalam proses tersebut sesuai jenis
proyeknya kedalam kontainer atau laci lemari untuk berkas yang sifatnya
rahasia, sehingga ketika keesokan harinya rekan ingin melanjutkan berkas
tersbut rekan tidak akan repot-repot mencari serta mengurangi resiko kehilangan
berkas.
Untuk Pekerjaan atau proyek yang telah selesai
usahakan agar selalu memberikan folder atau binder tersendiri dan di beri tanda selesai, kalau bisa diberikan tanggal
kapan pekerjaan tersebut telah selesai, urutkan berdasarkan historisnya dan
berikan kertas pembatas beri subjudul dan berikan semacam kertas post-it lalu arsipkan dalam binder yang telah disediakan dan beri
judul atas pekerjaan tersebut. Hal ini sangat membantu apabila suatu saat rekan
ingin kembali me-review ulang atas pekerjaan tersebut.
Posisi Monitor Komputer,mouse dan keyboard
Mengatur jarak pandang monitor sangat penting, karena mata rekan akan cepat lelah jika
jarak pandang terlalu dekat, brightness
dari monitor juga harus diatur agar tidak terlalu terang ataupun terlalu gelap
untuk menghindari kelelahan mata dan penyakit mata lainnya. Posisikan monitor sejauh paling tidak jarak 2 kali
diagonal layar dengan mata rekan.
Dalam memposisikan mouse, usahakan memberikan sedikit ruang
yang lebih luas kepada mouse untuk area menggeser mouse, karena sebagian dari rekan
mungkin membutuhkan area yang lebih luas untuk menggeser posisi mouse agar sesuai dengan posisi kursor
yang diinginkan. Jika terlalu sempit akan menjadi problem tersendiri. Untuk
ukuran mouse semua bergantung pada
preferensi masing-masing, mungkin ada sebagian yang suka dengan mouse yang lebih mungil ada juga yang
lebih menyukai mouse yang lebih besar.
Pemilihan keyboard sangat penting untuk menentukan
produktivitas kerja rekan, usahakan agar memilih keyboard yang nyaman untuk mengetik, keyboard yang terlalu kecil dan tipis ukurannya mungkin akan lebih
sulit dan tidak nyaman untuk digunakan dalam waktu yang lama, keyboard yang tombolnya terlalu sensitif juga
kurang baik untuk dipakai, gunakanlah keyboard yang sesuai dengan kenyamanan
dan preferensi rekan. Selain itu
penempatan kabel dari mouse dan keyboard juga harus diperhatikan,
jangan sampai terlihat berantakan dan menggangu kerapihan merja kerja rekan.
Simpan Alat tulis dan peralatan
kantor
Pensil, pulpen, penghapus, penggaris Type-x, note, memo, penggaris dll
adalah peralatan kantor yang sangat rekan butuhkan. Walaupun terdengar sepele,
terkadang kehilangan salah satu alat tulis kantor akan membuat rekan menjadi “duri
dalam daging”, apalagi jika hal tersebut terus terjadi berulang kali, sehingga
dapat menimbulkan perasaan buruk sangka kepada kolega kerja rekan, untuk
mengantisipasi hal tersebut ada baiknya rekan memiliki tempat tersendiri untuk
meletakkan alat kantor tersebut di kotak pribadi agar selalu ada saat rekan
diperlukan, serta ada baiknya pula untuk memberi label nama pada alat tulis rekan sehingga kalaupun hilang akan
dikembalikan pada rekan jika ada yang menemukannya.
Letakan Kalender
Meletakkan kalender pada meja kerja di samping monitor adalah ide yang cemerlang,
selain dapat membantu untuk melihat tanggal juga dapat membantu rekan untuk
mencatat agenda penting dan memberi tanda pada tanggal penting, berikan catatan
kecil pada kalender apabila agenda penting pada tanggal tersebut.
Sediakan air putih di meja kerja
Terlalu lama duduk dan bekerja terkadang membuat rekan
lupa untuk minum air putih, apalagi ketika rekan sudah fokus pada kerjaan dan
berada di ruang ber-AC yang dingin,
rasa haus akan hilang walaupun sebenarnya tubuh rekan kekurangan cairan. Untuk
mengantisipasi hal tersebut, sediakanlah selalu air putih di meja kerja rekan,
usahakan sediakan gelas/mug pribadi beserta
penutupnya yang terbuat dari bahan anti pecah dan juga botol minum untuk
menampung air putih dalam jumlah besar supaya rekan tidak perlu repot untuk
mengisi ulang.
Sedia Cemilan sehat
Salad, irisan buah, singkong rebus, sayuran rebus
, roti gandum dll adalah contoh cemilan yang dapat dipertimbangkan untuk
menemani hari kerja rekan untuk membuat otak lebih fresh, usahakan memilih
jenis cemilan yang sehat terutama yang tidak mengandung kolesterol, jangan memilih cemilan yang
digoreng dan yang manis, walauun ngemil rekan juga harus memperhatikan
kesehatan kawan.
Rapi lebih baik
Usahakan selalu membuat keadaan meja rekan dalam
keadaan rapi dan bersih, selain untuk mempertimbangkan nilai estetika hal ini
juga dapat membantu mood kerja rekan, kalaupun rekan tidak dapat rapi saat jam
kerja, paling tidak rekan dapat meninggalkan meja kerja lebih rapi pad saat
pulang kantor.
0 Komentar untuk "Membuat Ruang Kerja Senyaman Mungkin"