Salam Rekan,
Ketika pertama kali rekan ditempatkan ditempat
kerja yang baru, ada berbagai hal yang dapat menjadi pertimbangan ataupun
mungkin sedikit ketakutan rekan tentang apakan rekan dapat sukses atau paling
tidak menyesuaikan dengan lingkungan kerja yang baru.
Berikut ini adalah hal yang dapat membantu kita
dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan kerjaan yang baru,
Tepat waktu
Pada hari pertama rekan datang ditempat yang baru,
usahakan agar tiba tepat waktu atau tiba sebelum jam absen pagi kantor ditutup,
misalkan jam absen pagi adalah jam 07.30 pagi usahakan datang 15-30 menit lebih
awal, selain untuk memberikan kesan pertama yang baik kepada atasan dan kolega
kerja, dengan spare waktu yang lama
juga dapat mempersiapkan diri dan pikiran kita untuk menyesuaikan dengan
lingkungan kerja yang baru.
Kebiasaan tiba tepat
waktu ini pun haru selalu di tanamkan
seterusnya, dan menjadi budaya pribadi yang dapat melatih kedisiplinan rekan.
Bertanya
Lingkungan kerja baru
berarti tugas dan fungsi yang baru, walaupun mungkin rekan sudah memiliki
pengalaman kerja ataupun sudah memiliki pengetahuan dan ilmu yang cukup, jangan
segan-segan untuk selalu bertanya kepada kolega senior ataupun atasan, hal ini
untuk menghindari kesalahan sekaligus cara yang paling ampuh untuk menguasai
alur kerja dan kebiasaan tempat rekan kerja yang baru.
Catat, praktekan dan dokumentasi
Setiap kali rekan
mendapat masukan dan tips dari kolega senior ataupun langsung menghandle pekerjaan tertentu, catatlah
segala hal penting mengenai pekerjaan tersebut, praktekan sesuai dengan arahan
ataupun sesuai dengan alur kerja, dan setelah selesai pekerjaan tersebut
dokumentasikan kedalam arsip pribadi, baik hardcopy
maupun softcopy , sehingga
apabila suatu saat dapat memudahkan kita apabila mendapatkan pekerjaan sejenis.
Inisiatif
Berinisiatiflah di
tempat kerja, artinya jika rekan mendapat suatu pekerjaan, usahakan rekan
langsung mengerjakannya sesuai dengan kemampuan rekan, namun tetap
mempertimbangkan masukan dan alur kerja. Apapun hasil yang rekan ciptakan,
atasan akan menghargai effort yang
rekan lakukan, dan jangan takut akan kesalahan, selama pekerjaan tersebut belum
jatuh tempo segala jenis kesalahan masih dapat diperbaiki, untuk itu
berinisiatiflah untuk memulai pekerjaan tersebut dan meyelesaikannya tepat
waktu.
Komunikasi
Jalin komunikasi dan
kedekatan yang baik dengan semua kolega kerja, baik yang kolega langsung
ataupun tidak langsung, hal ini sangat berguna untuk membangun situasi kerja
yang kondusif dan hubungan yang baik dengan kolega kerja.
Kenali atasan
Usahakan agar selalu
menjalin hubungan yang baik dengan atasan, pisahkan antara urusan pribadi yang
bersifat emosional dengan urusan pekerjaan. Kenali kepribadiannya dan sesuaikan
diri rekan dengan dirinya, misal atasan rekan adalah seseorang yang sangat
perfeksionis dalam pekerjaan, usahakn rekan juga harus mengikuti atasan rekan
dalam menyajikan kerjaan agar sesuai dengan standar atasan.
Terima koreksi dan perbaiki
Sebagai karyawan yang baru, mungkin rekan akan
selalu mendapat koreksi terkait kerjaan rekan, apabila rekan mendapatkan banyak
koreksi dan masukkan, terimalah dan cernalah dengan lapang dada dan pikiran
terbuka, pisahkan masalah emosional dan salurkan tenaga rekan untuk memikirkan
tentang koreksi tersebut, dan jangan segan untuk mengakui kesalahan dan
memperbaikinya, jangan cepat putus asa ataupun tersinggung, karena hal ini lah
proses belajar. Dan jangan lupa untuk mencatat dan mendokumentasikan semua hal
tersebut.
0 Komentar untuk "Memulai Kerja Ditempat Baru"