Bekerja Efektif dan Bahagia

Kumpulan Tips dan artikel seputar pekerjaan dan bagaimana menjadi pekerja yang efisien dan efektif serta menjadi pekerja yang ideal

Memulai Kerja Ditempat Baru



Salam Rekan,

Ketika pertama kali rekan ditempatkan ditempat kerja yang baru, ada berbagai hal yang dapat menjadi pertimbangan ataupun mungkin sedikit ketakutan rekan tentang apakan rekan dapat sukses atau paling tidak menyesuaikan dengan lingkungan kerja yang baru.

Berikut ini adalah hal yang dapat membantu kita dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan kerjaan yang baru,

Tepat waktu



                Pada hari pertama rekan datang ditempat yang baru, usahakan agar tiba tepat waktu atau tiba sebelum jam absen pagi kantor ditutup, misalkan jam absen pagi adalah jam 07.30 pagi usahakan datang 15-30 menit lebih awal, selain untuk memberikan kesan pertama yang baik kepada atasan dan kolega kerja, dengan spare waktu yang lama juga dapat mempersiapkan diri dan pikiran kita untuk menyesuaikan dengan lingkungan kerja yang baru.
                Kebiasaan tiba tepat waktu ini pun haru  selalu di tanamkan seterusnya, dan menjadi budaya pribadi yang dapat melatih kedisiplinan rekan.


Bertanya

                Lingkungan kerja baru berarti tugas dan fungsi yang baru,  walaupun mungkin rekan sudah memiliki pengalaman kerja ataupun sudah memiliki pengetahuan dan ilmu yang cukup, jangan segan-segan untuk selalu bertanya kepada kolega senior ataupun atasan, hal ini untuk menghindari kesalahan sekaligus cara yang paling ampuh untuk menguasai alur kerja dan kebiasaan tempat rekan kerja yang baru.


Catat, praktekan dan dokumentasi 


                Setiap kali rekan mendapat masukan dan tips dari kolega senior ataupun langsung menghandle pekerjaan tertentu, catatlah segala hal penting mengenai pekerjaan tersebut, praktekan sesuai dengan arahan ataupun sesuai dengan alur kerja, dan setelah selesai pekerjaan tersebut dokumentasikan kedalam arsip pribadi, baik hardcopy maupun softcopy , sehingga apabila suatu saat dapat memudahkan kita apabila mendapatkan pekerjaan sejenis. 


Inisiatif

                Berinisiatiflah di tempat kerja, artinya jika rekan mendapat suatu pekerjaan, usahakan rekan langsung mengerjakannya sesuai dengan kemampuan rekan, namun tetap mempertimbangkan masukan dan alur kerja. Apapun hasil yang rekan ciptakan, atasan akan menghargai effort yang rekan lakukan, dan jangan takut akan kesalahan, selama pekerjaan tersebut belum jatuh tempo segala jenis kesalahan masih dapat diperbaiki, untuk itu berinisiatiflah untuk memulai pekerjaan tersebut dan meyelesaikannya tepat waktu.


Komunikasi

                Jalin komunikasi dan kedekatan yang baik dengan semua kolega kerja, baik yang kolega langsung ataupun tidak langsung, hal ini sangat berguna untuk membangun situasi kerja yang kondusif dan hubungan yang baik dengan kolega kerja.


Kenali atasan

                Usahakan agar selalu menjalin hubungan yang baik dengan atasan, pisahkan antara urusan pribadi yang bersifat emosional dengan urusan pekerjaan. Kenali kepribadiannya dan sesuaikan diri rekan dengan dirinya, misal atasan rekan adalah seseorang yang sangat perfeksionis dalam pekerjaan, usahakn rekan juga harus mengikuti atasan rekan dalam menyajikan kerjaan agar sesuai dengan standar atasan.


Terima koreksi dan perbaiki

Sebagai karyawan yang baru, mungkin rekan akan selalu mendapat koreksi terkait kerjaan rekan, apabila rekan mendapatkan banyak koreksi dan masukkan, terimalah dan cernalah dengan lapang dada dan pikiran terbuka, pisahkan masalah emosional dan salurkan tenaga rekan untuk memikirkan tentang koreksi tersebut, dan jangan segan untuk mengakui kesalahan dan memperbaikinya, jangan cepat putus asa ataupun tersinggung, karena hal ini lah proses belajar. Dan jangan lupa untuk mencatat dan mendokumentasikan semua hal tersebut.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Memulai Kerja Ditempat Baru"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top