Bekerja Efektif dan Bahagia

Kumpulan Tips dan artikel seputar pekerjaan dan bagaimana menjadi pekerja yang efisien dan efektif serta menjadi pekerja yang ideal

7 Cara Atasi Konflik antar pegawai

                                            
Salam Rekan,
Manusia tidak bisa lepas dari yang konflik. Selain di rumah, konflik juga bisa terjadi di lingkungan kerja, baik konflik personal maupun organisasional, Persaingan antar rekan kerja, perbedaan pendapat, miskomunikasi atau kecemburuan sosial, perbedaan penghasilan ditambah perbedaan workload bisa jadi beberapa faktor yang paling rentan memicu konflik di kantor.

Meskipun hal yang sangat wajar dan biasa, sebaiknya jangan biarkan konflik berlangsung lama apalagi k=jika sampai mempengaruhi kinerja perusahaan. Jika tidak segera dicari jalan keluarnya, konflik sekecil apapun bisa menghancurkan karir juga menimbulkan masalah pada kondisi psikologis karyawan dan menjadi batu sandungan dalam mencapai tujuan perusahaan.


1. Tetap Tenang

Apapun yang terjadi tetaplah tenang ketika Menghadapi rekan sekerja yang bermasalah dengan Anda, memang tidak mudah tapi tetap Usahakan bersikap profesional dengan tetap ramah dan tenang. jangan sampai kemarahan anda meledak dan mengendalikan emosi dan pikiran rekan, apabila ini terjadi kemungkinan konflik dak akan terselesaikan dan hanya akan menambah amaslah bru yaitu kehilangan pekerjaan. Bila konflik yang terjadi sangat menguras pikiran, ajak kolega Anda berbicara untuk meluruskan permasalahan.

2. Fokus kepada masalah

tenangkan pikiran dan ajak bicara kolega kerja tersebut dan Saat berbicara dfokuskan pembicaraan pada permasalahan dan untuk mencari jalan keluarnya. Ingat, bahwa Anda mengajaknya berbicara karena ingin menghindari pertengkaran yang lebih besar lagi, jadi hindari sikap yang mengancam, kata-kata kasar, ingin menang sendiri dll, ingat sekali lagi bahwa karir rekan dan kolega anda yang dipertaruhkan disini.

3. Buat suasana kondusif


Buat suasana santai dalam pembicaraan. Hati-hati pada ekspresi wajah dan intonasi suara Anda yang dapat mengubah suasana pembicaraan. Hal tersebut dapat memperburuk suasana. Kendalikan emosi dan selslu atur nafas agar tidak terbawa amarah.


4. Analisa masalah

pada saat pembicaraan usahakan untuk mengerti satu sama lain dan posisi masing-masing, kendalikan keegoisan dan tetap fokus pada penyelesaian masalah, bukan untuk mencari siapa yang salah dan siapa yang menang. Dengarkan penjelasannya dengan cermat agar tidak terjadi salah paham. Dengan begitu, ia akan menyampaikan semua apa permasalahannya dengan Anda tanpa ada yang ditutupi. Pastikan Anda juga memahami posisinya.

5. Responsif dan jujur

Berikan respon dengan kalimat yang sopan dan tanpa emosi. Bersikaplah seolah-olah Anda menerima apa yang ia telah sampaikan tanpa Anda merasa bersalah dan lemah, sebagai contoh Anda dapat mengatakan, " Saya mengerti apa yang kamu rasakan, saya juga merasa seperti itu.." jelaskan semua apa yang rekan rasakan dan berikan penjelasan yang masuk akal dan apa adanya dengan tidak memposisikan diri sebagai yang benar atau yang salah.

6. Saling memahami.

Setelah masing-masing pihak telah mengemukakan apa yang diinginkan, carilah kesepakatan hingga tercapainya kesamaan tujuan, hargai pendapat masing-masing dengan tidak menyalahkan satu sama lain, dan setelah maslah ini selesai usahakan agar menjadikan ini pembelajaran serta jangan samapai mengungkit-ungkit lagi permasalahan kedepannya.

7. Bantuan Atasan

Jika rekan kerja Anda sulit diajak berdiskusi dan tetap keras kepala, sebaiknya bicarakan dengan bantuan dari kolega kerja lainnya atau yang lebih baik lagi adalah atasan Anda. Hal tersebut perlu dilakukan agar atasan Anda dapat membantu menyelesaikan masalah.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "7 Cara Atasi Konflik antar pegawai"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top